Sabtu, 17 Oktober 2015

Tugas Mata Kuliah Pendidikan Pancasila

Diposting oleh Unknown di 10/17/2015 02:24:00 PM
JAWABLAH SOAL-SOAL PENDIDIKAN PANCASILA BERIKUT INI :

1    JELASKAN LANDASAN PENDIDIKAN PANCASILA  MENURUT :…
      A.     LANDASAN HISTORIS
      B.     LANDASAN KULTURAL
      C.     LANDASAN YURIDIS
      D.     LANDASAN FILOSOFIS

      Jawab :
    Bangsa Indonesia terbentuk dalam suatu proses sejarah yang cukup panjang sejak zaman kutai. Berates – ratus tahun bangsa Indonesia berjuang menemukan jati dirinya sebagai suatu bangsa yang merdeka, mandiri serta filsafat hidup bangsa. Setelah melalui suatu proses yang panjang dalam perjalanan sejarahbangsa Indonesia menemukan jati dirinya yang didalamnya tersimpul cirri khas, sifat, dan karakter bangsa yang berbeda dengan bangsa lain.
 
Maka dari itu dapat kita simpulkan nilai – nilai yang terkandung dalam setiap sila pancasila sebelum dirumuskan dan disahkan menjadi dasar Negara Indonesia secara objektif historis, telah dimiliki oleh bangsa Indonesia sendiri sehingga asal nilai – nilai pancasila tersebut tidak lain adalah bangsa Indonesia sendiri atau dengan kata lain bangsa Indonesia sebagai kuasa materialis pancasila.

b   Setiap Negara di dunia dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara senantiasa memiliki suatu pandangan hidup. Filsafat hidup serta pegangan hidup agar tidak terombang – ambing dalam pergaulan masyarakat internasional. Setiap bangsa memiliki cirri khas sertapandangan hidup yang berbeda dengan bangsa lain. Negara komunisme dan liberalism meletakkan dasar filsafat negaranya pada suatu konsep ideology tertentu.

Berbeda dengan bangsa – bangsa lain, bangsa Indonesia mendasarkan pandangan hidupnya dalam masyarakat, berbangsa dan bernegara pada suatu asas cultural yang dimiliki dan melekat pada bangsa itu sendiri. Satu – satunya karya besar Indonesia yang sejajar dengan karya besar bangsa lain di dunia ini adalah hasil pemikiran tentang bangsa dan Negara yang mendasarkan pandangan hidup suatu prinsip nilai yang tertuang dalam sila – sila pancasila.

c    Landasan yuridis (hukum) perkuliahan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi diatur dalam UU No.2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pasal 39 menyatakan : Isi kurikulum setiap jenis, jalur dan jenjang pendidikan wajib memuat Pendidikan Pancasila, Pendidikan Agama, Pendidikan Kewarganegaraan.

Demikian juga berdasarkan SK Mendiknas RI, No.232/U/2000, tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa, pasal 10 ayat 1 dijelaskan bahwa kelompok Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan, wajib diberikan dalam kurikulum setiap program studi, yang terdiri atas Pendidikan Pancasila, Pendidikan Agama, dan Pendidikan Kewarganegaraan.

Sebagai pelaksanaan dari SK tersebut, Dirjen Pendidikan Tinggi mengeluarkan Surat Keputusan No.38/DIKTI/Kep/2002, tentang Rambu-rambu Pelaksanaan Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK). Dalam pasal 3 dijelaskan bahwa kompetensi kelompok mata kuliah MPK bertujuan menguasai kemampuan berfikir, bersikap rasional dan dinamis, berpandangan luas sebagai manusia intelektual. Adapun rambu-rambu mata kuliah MPK Pancasila adalah terdiri atas segi historis, filosofis, ketatanegaraan, kehidupan berbangsa dan bernegara serta etika politik. Pengembangan tersebut dengan harapan agar mahasiswa mampu mengambil sikap sesuai dengan hati nuraninya, mengenali masalah hidup terutama kehidupan rakyat, mengenali perubahan serta mampu memaknai peristiwa sejarah, nilai-nilai budaya demi persatuan bangsa.


d    Pancasila merupakan dasar filsafat Negara dan pandangan filosofi bangsa Indonesia. Oleh karena itu, sudah merupakan suatu keharusan moral untuk secara konsisten merealisasikannya dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Hal ini berdasarkan pada kenyataan secara filosofis dan objektif bahwa bangsa Indonesia dalam hidup bermasyarakat dan bernegara mendasarkan pada nilai – nilai yang terkandung dalam sila – sila pancasila yang secara filosofis bangsa Indonesia sebelum mendirikan Negara.


2      JELASKAN PENGERTIAN PANCASILA SECARA ETIMOLOGIS….

Jawab :
      Secara etimologis istilah “Pancasila” berasal dari Sansekerta dari India (bahasa kasta Brahmana) adapun bahasa rakyat biasa adalah bahasa Prakerta. Menurut Muhammad Yamin, dalam bahasa sansekerta perkataan “Pancasila” memilki dua macam arti secara leksikal yaitu:
      “panca” artinya “lima
      “syila” vokal I pendek artinya “batu sendi”, “alas”, atau “dasar”.
      “syiila” vokal i pendek artinya “peraturan tingkah laku yang baik, yang penting atau yang senonoh
    
      Kata-kata tersebut kemudian dalam bahasa Indonesia terutama bahasa Jawa diartikan “susila “ yang memilki hubungan dengan moralitas. Oleh karena itu secara etimologis kata “Pancasila” yang dimaksudkan adalah adalah istilah “Panca Syilla” dengan vokal i pendek yang memilki makna leksikal “berbatu sendi lima” atau secara harfiah “dasar yang memiliki lima unsur”. Adapun istilah “Panca Syiila” dengan huruf Dewanagari i bermakna 5 aturan tingkah laku yang penting.


3      APA YANG ANDA KETAHUI TENTANG TUJUAN PENDIDIKAN PANCASILA KHUSUSNYA BAGI MAHASISWA  ?....
   
      Jawab :
      Tujuan Pendidikan Kewarganegaraan adalah mewujudkan warga negara sadar bela negara berlandaskan pemahaman politik kebangsaan, dan kepekaan mengembangkan jati diri dan moral bangsa dalam perikehidupan bangsa.
     
Mahasiswa adalah bibit unggul bangsa yang di mana pada masanya nanti bibit ini akan melahirkan pemimpin dunia. Karena itulah diperlukan pendidikan moral dan akademis yang akan menunjang sosok pribadi mahasiswa. Kepribadian mahasiswa akan tumbuh seiring dengan waktu dan mengalami proses pembenahan, pembekalan, penentuan, dan akhirnya pemutusan prinsip diri. Negara, masyarakat masa datang, diperlukan ilmu yang cukup untuk dapat mendukung kokohnya pendirian suatu Negara.

Negara yang akan melangkah maju membutuhkan daya dukung besar dari masyarakat, membutuhkan tenaga kerja yang lebih berkualitas, dengan semangat loyalitas yang tinggi. Negara didorong untuk menggugah masyarakat agar dapat tercipta rasa persatuan dan kesatuan serta rasa turut memiliki. Masyarakat harus disadarkan untuk segera mengabdikan dirinya pada negaranya, bersatu padu dalam rasa yang sama untuk menghadapi krisis budaya, kepercayaaan, moral dan lain-lain. Negara harus menggambarkan image pada masyarakat agar timbul rasa bangga dan keinginan untuk melindungi serta mempertahankan Negara kita. Pendidikan kewarganegaraan adalah sebuah sarana tepat untuk memberikan gambaran secara langsung tentang hal-hal yang bersangkutan tentang kewarganegaraan pada mahasiswa.

      Pendidikan Kewarganegaraan lah yang mengajarkan bagaimana seseorang menjadi warga negara yang lebih bertanggung jawab. Karena kewarganegaraan itu tidak dapat diwariskan begitu saja melainkan harus dipelajari dan di alami oleh masing-masing orang. Apalagi negara kita sedang menuju menjadi negara yang demokratis, maka secara tidak langsung warga negaranya harus lebih aktif dan partisipatif. Oleh karena itu kita sebagai mahasiswa harus memepelajarinya, agar kita bisa menjadi garda terdepan dalam melindungi negara. Garda kokoh yang akan terus dan terus melindungi Negara walaupun akan banyak aral merintang di depan.


4      MENURUT Ir. POEDJOWIJATNO FILSAFAT PANCASILA SEBAGAI SUATU KAJIAN ILMIAH YA NG HARUS MEMENUHI SYARAT-SYARAT ILMIAH :
      A.     BEROBJEK
      B.     BERMETODE
      C.     BERSISTEM
      D.     BERSIFAT UNIVERSALJELASKAN SYARAT-SYARAT ILMIAH TERSEBUT…

      Jawab :
      a.       Berobjek,dibagi menjadi dua:
             • Objek forma
             • Objek material
      Yakni suatu sudut pandang tertentu dalam pembahasan pancasila baik yang bersifat empiris maupun non empiris. Contohnya: Moral, Ekonomi, Pers, Filsafat.
     
      b.      Bermetode
      Seperangkat cara/sistem pendekatan dalam rangka pembahasan Pancasila untuk mendapatkan suatu kebenaran yang bersifat objektif didasarkan atas hukum-hukum logika dalam suatu penarikan kesimpulan. Contohnya: Analitico synthetic, hermeneutika, koherensi historis, dan pemahaman penafsiran.

      c.       Bersistem
     Merupakan sesuatu yang bulat dan utuh, suatu kesatuan antara bagian-bagian saling berhubungan baik hubungan interelasi, maupun interpendensi.
\
      d.      Universal
  Kebenarannya tidak terbatas oleh waktu, keadaan, situasi, kondisi, maupun jumlah.Tingkatan pengetahuan ilmiah dalam masalah ini lebih menekankan pada karakterisitik pengetahuan masing-masing. Tingkatan pengetahuan ilmiah sangat ditentukan oleh macam pertanyaan ilmiah bagaimana, mengapa, kemana, apa.

5      DARI BERBAGAI MACAM RUMUSAN PANCASILA YANG SAH DAN BENAR ADALAH RUMUSAN PANCASILA YANG TERDAPAT DALAM PEMBUKAAN UUD 1945.
HAL TERSEBUT SESUAI DENGAN ?...

Jawab :

Sesuai dengan sila ke - 4 yaitu kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawarata / perwakilan. 

sumber : 
1.http://landasanpancasila.blogspot.co.id/ 
2.http://hitamandbiru.blogspot.co.id/2012/07/landasan-historis-kultural-yuridis-dan.html
3.https://citadastmikpringsewu.wordpress.com/mata-kuliah/pancasila/pengertian-pancasila-secara-etimologis-historis-terminologis-hakikat-pancasila/
4.http://marcomm.binus.ac.id/2015/05/20/pentingnya-pendidikan-pancasila-bagi-mahasiswa/
5. http://aspinpin.blogspot.co.id/2010/02/bab-i-pancasila.html 

0 komentar:

Posting Komentar

 

Catatan Tangan Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review